ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN APPLE
A. Sejarah Perusahaan Apple
Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976
dan di Ubah menjadi Apple Computer. Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977, Namun
Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer"
dihapus untuk Mencerminkan fokus Apple
terhadap bidang Elektronik Setelah peluncuran iPhone. Apple didirikan Oleh 3 Anak Muda yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald
Wayne. Mereka mendirikan Apple bersama pada 1 April 1976, dan merancang
logo pertama Apple, tetapi Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan. Ironis Memang
di saat Apple Meraksasa Tapi Pendiri Perusahaan itu sendiri Malah Mengundurkan
diri, Saat saya Menonton Filmnya Memang Tujuan Steve Jobs dan Ronald
Wayne Berbeda, Ronald Wayne
Mengundurkan diri saat Stave Jobs
Sibuk Mengurusi Perusahannya.
Pada
tahun 1971 seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun
kepada Jobs yang saat itu baru
berumur 16 tahun. Jobs berhasil
membujuk Wozniak untuk membuat
komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk
membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik
toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500
satunya.
Apple
II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan
dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika
Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go
public pada tahun 1956. Memasuki dekade 1980, Apple menghadapi kompetisi dalam
bisnis komputer pribadi yang Cukup Sengit. Salah satu penantang besar adalah IBM, perusahaan ternama pertama di
bidang komputer pada saat itu, Komputer IBM yang menggunakan sistem operasi DOS yang dilisensi kepada IBM oleh Microsoft meraih porsi yang besar dalam pangsa pasar komputer meja
untuk perusahaan besar yang tergolong masih muda. Saat itu Apple III tergolong
sangat mahal walaupun Apple berusaha mengeluarkan versi yang diperbaiki pada
tahun 1983 yang juga gagal di pasaran.
Pada
tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang
didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan
yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah
piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang
profesional maupun perseorangan. Pada Januari 2007, Apple memasuki pasar Telepon genggam
dengan memperkenalkan iPhone,
yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 di AS. Banyak yang Bertanya Tanya soal
Gigitan Setengah pada Logo Apple,
sebelum akhirnya dijawab oleh sang pembuat Logo Apple. Berikut beberapa diantaranya:
1
Logo dengan buah apel Tanpa digigit akan terlihat seperti
buah jeruk, maka untuk membedakannya, dibuatlah Apel yang digigit sebagai logo
mereka.
2
Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang
mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.-Ada juga yang
mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas
memori komputer, yaitu mega byte, terra byte.
3
Filosofinya, apel diumpamakan sebagai ilmu pengetahuan.
Gigitannya adalah simbol kalau manusia tidak bisa memakan semua ilmu, tapi
hanya sebagian saja.
4
Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan
setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon).Ada juga yang berpendapat
bahwa saat anda melihat merek Apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan
dan elegannya produk Apple.Berikut ini adalah
Beberapa Produk Apple yang di Pasarkan di Indonesia, Lambat Laun mungkin akan
Bertambah: iMac, Mac Pro, Mac mini, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iPhone 4,
iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C,
iPhone 6, iPhone 6+, iPhone 6S, iPhone7, iPad 2, The new iPad
(generasi ketiga), iPad with
Retina display (generasi keempat), iPad mini, iPod touch
(generasi keempat dan kelima), iPod
nano (generasi keenam dan ketujuh), iPod shuffle (generasi keempat), iPod classic (generasi keenam, 160GB), Apple
TV.
B. Analisis
SWOT
1.
Strengths
a.
Apple adalah perusahaan yang sangat sukses. Penjualan dari pemutar
musik iPod telah meningkatkan laba kuartal kedua hingga $ 320 (Juni
2005). Persepsi merek yang menguntungkan juga meningkat penjualan komputer
Macintosh. Jadi iPod perusahaan memberikan akses ke seluruh seri baru
segmen yang membeli ke bagian lain dari merek Apple. Penjualan dari
produk-produk notebook juga sangat kuat, dan merupakan kontribusi besar untuk
pendapatan untuk Apple.
b.
Merek adalah yang paling penting. Apple adalah salah satu yang paling
mapan dan IT ternama di Dunia, dan memiliki pelanggan yang mendukung merek
apple dan setia menunggu produk baru dari apple. Dan sekarang apple sudah
menjadi produk yang wajib dibeli oleh orang-oran dari berbagai kalangan.
2.
Weakness
a.
Ada tekanan pada Apple untuk meningkatkan harga dari musik download file, dari
industri musik itu sendiri. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini membuat
lebih banyak uang dari iTunes (yaitu musik download file) dari penjualan CD
asli mereka. Apple telah menjual sekitar 22 juta iPod pemutar musik
digital dan lebih dari 500 juta lagu meskipun toko musik
iTunes. Bertanggung jawab atas 82% dari semua musik download secara legal
di AS. Perusahaan ini tegas, tetapi jika menyerah pada produser musik, hal
itu dapat dianggap sebagai kelemahan komersial.
b.
Dan dilihat dari pengalaman IOS yang terdapat pada perangkat handphone
apple yang pernah mengalami kegagalan dalam pembaruan yang membuat para
pengguna harus membawa handphone ke ibox untuk di perbaiki.
3. Opportunity
a.
Peluang Dalam
Consumer Electronik: Setelah sukses dalam iPod, dan iPhone, Apple meluncurkan
Apple TV sebuah media centre untuk ruangan keluarga, dan akan disusul
padapeluncuran Apple Tablet (bukan nama resmi) yang akan digunakan untuk
menyaingi Microsoft Surface, Amazon Nook, Barneys and Noobles Nook, Netbook
dari berbagai vendor seperti Dell, MSI, ASUS, ACER dan berbagai produk lainnya
yang bersifat electronics organizer pada Febuari 2010.
b.
Podcast
didownload acara radio yang dapat di-download dari Internet, dan kemudian
diputar ulang pada iPod dan perangkat MP3 lainnya pada kenyamanan pendengar.
Para pendengar dapat berlangganan Podcast gratis, dan pada akhirnya pendapatan
dapat dihasilkan dari dibayar untuk berlangganan atau melalui pendapatan yang
dihasilkan dari penjualan download lainnya.
4. Threats
a.
Ancaman terbesar bagi perusahaan-perusahaan IT seperti Apple adalah sangat
tinggi tingkat kompetisi di pasar teknologi. Apple bekerja sangat keras
untuk penelitian dan pengembangan dan pemasaran dalam rangka untuk
mempertahankan posisi Popularitas iPod , Apple Mac dan Iphone yang memilik permintaan
tinggi di pasaran, dan akan terpengaruh jika ekonomi mulai goyah dan permintaan
jatuh untuk produk mereka.
b.
Pada tahun 2005 Apple memenangkan kasus hukum yang memaksa nama Blogger
untuk sumber-sumber informasi yang empted pra-peluncuran produk Apple
baru. Itu menduga bahwa karyawan Apple sendiri telah membocorkan informasi
rahasia tentang produk asteroid baru mereka. Tiga orang dituntut, semua
milik Apple upeti situs, dan penggemar berat produk perusahaan. The blog
telah muncul di situs mereka, dan mereka dipaksa untuk mengungkapkan sumber
mereka. Yang berkuasa melihat kerahasiaan komersial lebih penting sebagai
hak untuk pidato individu. Apple rentan terhadap kebocoran yang dapat
merugikan keuntungan mereka.
Sumber:
http://granoidcomputer.blogspot.co.id/2014/04/sejarah-awal-apple-hingga-sekarang.html
http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html
Komentar
Posting Komentar