ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN APPLE




A. Sejarah Perusahaan Apple
Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan di Ubah menjadi Apple Computer. Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977, Namun Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk Mencerminkan fokus Apple terhadap bidang Elektronik Setelah peluncuran iPhone. Apple didirikan Oleh 3 Anak Muda yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Mereka mendirikan Apple bersama pada 1 April 1976, dan merancang logo pertama Apple, tetapi Wayne meninggalkan Apple 12 hari setelah perusahaan tersebut didirikan. Ironis Memang di saat Apple Meraksasa Tapi Pendiri Perusahaan itu sendiri Malah Mengundurkan diri, Saat saya Menonton Filmnya Memang Tujuan Steve Jobs dan Ronald Wayne Berbeda, Ronald Wayne Mengundurkan diri saat Stave Jobs Sibuk Mengurusi Perusahannya. 
Pada tahun 1971 seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak untuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuat toko komputer lokal The Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya.
Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1956. Memasuki dekade 1980, Apple menghadapi kompetisi dalam bisnis komputer pribadi yang Cukup Sengit. Salah satu penantang besar adalah IBM, perusahaan ternama pertama di bidang komputer pada saat itu, Komputer IBM yang menggunakan sistem operasi DOS yang dilisensi kepada IBM oleh Microsoft meraih porsi yang besar dalam pangsa pasar komputer meja untuk perusahaan besar yang tergolong masih muda. Saat itu Apple III tergolong sangat mahal walaupun Apple berusaha mengeluarkan versi yang diperbaiki pada tahun 1983 yang juga gagal di pasaran.
Pada tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX dengan kemudahan dalam menggunakan Macintosh ke dalam sebuah piranti lunak yang bisa dipakai baik bagi mereka yang bergerak di bidang profesional maupun perseorangan.  Pada Januari 2007, Apple memasuki pasar Telepon genggam dengan memperkenalkan iPhone, yang dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 di AS. Banyak yang Bertanya Tanya soal Gigitan Setengah pada Logo Apple, sebelum akhirnya dijawab oleh sang pembuat Logo Apple. Berikut beberapa diantaranya:
1        Logo dengan buah apel Tanpa digigit akan terlihat seperti buah jeruk, maka untuk membedakannya, dibuatlah Apel yang digigit sebagai logo mereka.
2        Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.-Ada juga yang mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas memori komputer, yaitu mega byte, terra byte.
3        Filosofinya, apel diumpamakan sebagai ilmu pengetahuan. Gigitannya adalah simbol kalau manusia tidak bisa memakan semua ilmu, tapi hanya sebagian saja.
4        Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon).Ada juga yang berpendapat bahwa saat anda melihat merek Apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan dan elegannya produk Apple.Berikut ini adalah Beberapa Produk Apple yang di Pasarkan di Indonesia, Lambat Laun mungkin akan Bertambah: iMac, Mac Pro, Mac mini, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 5C, iPhone 6, iPhone 6+, iPhone 6S, iPhone7, iPad 2, The new iPad (generasi ketiga), iPad with Retina display (generasi keempat), iPad mini, iPod touch (generasi keempat dan kelima), iPod nano (generasi keenam dan ketujuh), iPod shuffle (generasi keempat), iPod classic (generasi keenam, 160GB),  Apple TV.

B. Analisis SWOT
      1.      Strengths
a.      Apple adalah perusahaan yang sangat sukses. Penjualan dari pemutar musik iPod telah meningkatkan laba kuartal kedua hingga $ 320 (Juni 2005). Persepsi merek yang menguntungkan juga meningkat penjualan komputer Macintosh. Jadi iPod perusahaan memberikan akses ke seluruh seri baru segmen yang membeli ke bagian lain dari merek Apple. Penjualan dari produk-produk notebook juga sangat kuat, dan merupakan kontribusi besar untuk pendapatan untuk Apple.
b.      Merek adalah yang paling penting. Apple adalah salah satu yang paling mapan dan IT ternama di Dunia, dan memiliki pelanggan yang mendukung merek apple dan setia menunggu produk baru dari apple. Dan sekarang apple sudah menjadi produk yang wajib dibeli oleh orang-oran dari berbagai kalangan.

     2.      Weakness
a.      Ada tekanan pada Apple untuk meningkatkan harga dari musik download file, dari industri musik itu sendiri. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini membuat lebih banyak uang dari iTunes (yaitu musik download file) dari penjualan CD asli mereka. Apple telah menjual sekitar 22 juta iPod pemutar musik digital dan lebih dari 500 juta lagu meskipun toko musik iTunes. Bertanggung jawab atas 82% dari semua musik download secara legal di AS. Perusahaan ini tegas, tetapi jika menyerah pada produser musik, hal itu dapat dianggap sebagai kelemahan komersial.
b.      Dan dilihat dari pengalaman IOS yang terdapat pada perangkat handphone apple yang pernah mengalami kegagalan dalam pembaruan yang membuat para pengguna harus membawa handphone ke ibox untuk di perbaiki.

     3.      Opportunity
a.      Peluang Dalam Consumer Electronik: Setelah sukses dalam iPod, dan iPhone, Apple meluncurkan Apple TV sebuah media centre untuk ruangan keluarga, dan akan disusul padapeluncuran Apple Tablet (bukan nama resmi) yang akan digunakan untuk menyaingi Microsoft Surface, Amazon Nook, Barneys and Noobles Nook, Netbook dari berbagai vendor seperti Dell, MSI, ASUS, ACER dan berbagai produk lainnya yang bersifat electronics organizer pada Febuari 2010.
b.      Podcast didownload acara radio yang dapat di-download dari Internet, dan kemudian diputar ulang pada iPod dan perangkat MP3 lainnya pada kenyamanan pendengar. Para pendengar dapat berlangganan Podcast gratis, dan pada akhirnya pendapatan dapat dihasilkan dari dibayar untuk berlangganan atau melalui pendapatan yang dihasilkan dari penjualan download lainnya.

     4.      Threats
a.      Ancaman terbesar bagi perusahaan-perusahaan IT seperti Apple adalah sangat tinggi tingkat kompetisi di pasar teknologi.  Apple bekerja sangat keras untuk penelitian dan pengembangan dan pemasaran dalam rangka untuk mempertahankan posisi Popularitas iPod , Apple Mac dan Iphone yang memilik permintaan tinggi di pasaran, dan akan terpengaruh jika ekonomi mulai goyah dan permintaan jatuh untuk produk mereka.
b.      Pada tahun 2005 Apple memenangkan kasus hukum yang memaksa nama Blogger untuk sumber-sumber informasi yang empted pra-peluncuran produk Apple baru. Itu menduga bahwa karyawan Apple sendiri telah membocorkan informasi rahasia tentang produk asteroid baru mereka. Tiga orang dituntut, semua milik Apple upeti situs, dan penggemar berat produk perusahaan. The blog telah muncul di situs mereka, dan mereka dipaksa untuk mengungkapkan sumber mereka. Yang berkuasa melihat kerahasiaan komersial lebih penting sebagai hak untuk pidato individu. Apple rentan terhadap kebocoran yang dapat merugikan keuntungan mereka.




Sumber:
http://granoidcomputer.blogspot.co.id/2014/04/sejarah-awal-apple-hingga-sekarang.html
http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html

Komentar

Postingan Populer