ANALISIS DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI



  
Pada tanggal 6 November 2016 saya dan teman saya pergi ke  mall Depok Town Square (DETOS), kami memasuki mall tersebut dan memasuki salah satu toko terbesar di mall tersebut, yaitu matahari pada pukul 16.30 WIB. Kami berkeliling toko tersebut dan melihat bebrapa barang yang sedang diskon, seperti baju, tas, celana, alat makeup, dan sepatu. Saat itu teman saya ingin membeli sebuah sepatu, dan kami pun melihat-lihat sepatu yang tersusun di rak sepatu, teman saya mengambil salah satu sepatu tersebut dan mencobanya, kemudian teman saya memanggil salah satu karyawan untuk mengambilkan sepatu dengan ukuran 39, lalu karyawan tersebut masuk kedalam sebuah ruangan untuk mengambilkan sepatu tersebut.
            Kami menunggu sambil duduk di salah satu kursi yang tersedia di sana, kami menunggu cukup lama karena memang pada saat itu suasana disana cukup ramai. Sembari kami menunggu sepatu tersebut, saya melihat seorang manager keluar dari salah satu ruangan tempat karyawan yang mengambilsepatu tadi masuk. Manager tersebut menghampiri salah satu karyawan perempuan yang sedang berada di meja kasir, manager tersebut berbincang dengan karyawan selama 1 menit dan kemudian karyawan tersebut memanggil salah satu temannya untuk menjaga meja kasir dan kemudian karyawan itu pergi mengikuti manager masuk kedalam ruangan, karena pada saat itu suasana ramai dan banyak pengunjung yang mengantri di kasir.
            Sekitar 20 menit karyawan tersebut berada di dalam ruangan, dan kami pun telah mendapatkan barang belanjaan dan mengantri di kasir untuk membayar. Tak lama saat kami berjalan menuju kasir karyawan tersebut keluar dari dalam ruangan dan menuju ke arah kasir yang sama, karyawan tersebutmenhampiri temannya dan kembali menjaga meja kasir sembari berbincang dengan temannya yang membantu nya membungkus barang belanja, mereka terlihat berbincang serius dan setelah kami membayar, kami pun keluar dari matahari pada pukul 18.45 WIB.

ANALISIS
      A.      Komunikasi Internal
a)      Komunikasi vertikal
komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari pimpinan kepada bawahan dan dari bawahan kepada pimpinan. Dalam komunikasi vertikal, pimpinan memberikan instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, informasi-informasi, dan lain-lain kepada bawahannya. Sedangkan bawahan memberikan laporan-laporan, saran-saran, pengaduan-pengaduan dan sebagainya kepada pimpinan. Dari narasi diatas dapat dilihat adanya komunikasi vertikal dimana pada saat manager menhampiri salah satu karyawan dan berbincang menyampaikan informasi pada karyawan tersebut.
b)      Komunikasi Horizontal
komunikasi antara sesama seperti dari karyawan kepada karyawan, manajer kepada manajer. Pesan dalam komunikasi ini bisa mengalir di bagian yang sama di dalam organisasi atau mengalir antarbagian. Komunikasi lateral ini memperlancar pertukaran pengetahuan, pengalaman, metode, dan masalah. Dari narasi diatas terlihat bahwa adanya komunikasi horizontal pada saat karyawan memanggil salah satu karyawan lainnya untuk menggantikan posisinya untuk sementara.

     
      B.      Komunikasi Eksternal
a)      Isi
Isi adalah apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih. Dari narasi diatas dapat dilihat ketika seorang karyawan meminta temannya untuk menggantikan posisinya di kasir.
b)      Kebisingan
Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi. Dari narasi diatas dapat diketahui bahwa suasana toko yang begitu ramai dapat menganggu proses perbincangan.
c)      Jaringan
Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit). Dari narasi diatas terlihat seorang manager menghampiri seorang karyawan dan masuk kedalam ruangan, disana tidak terlihat apakah seorang manager tersebut memanggil seorag karyawan untuk menemui atasannya atau bukan.
d)      Arah
Komunikasi terdiri dari 2 macam arah yaitu :
1. komunikasi satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih contohnya promosi produk tertentu atau guru dikelas.
2. Komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk menyampaikan beberapa informasi.
Dari narasi diatas dapatdilihat bawhwa komunikasi yang digunakan adalah komunikasi 2 arah.
  


Sumber:
https://drhmynt67.wordpress.com/2015/10/01/definisi-dan-dimensi-dimensi-komunikasi/
https://novelaayu.wordpress.com/2015/10/02/komunikasi-dan-dimensi-komunikasi/

Komentar

Postingan Populer