ANALISIS DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ORGANISASI
Pada tanggal
6 November 2016 saya dan teman saya pergi ke mall Depok Town Square (DETOS), kami memasuki
mall tersebut dan memasuki salah satu toko terbesar di mall tersebut, yaitu matahari
pada pukul 16.30 WIB. Kami berkeliling toko tersebut dan melihat bebrapa barang
yang sedang diskon, seperti baju, tas, celana, alat makeup, dan sepatu. Saat itu teman saya ingin membeli sebuah
sepatu, dan kami pun melihat-lihat sepatu yang tersusun di rak sepatu, teman
saya mengambil salah satu sepatu tersebut dan mencobanya, kemudian teman saya
memanggil salah satu karyawan untuk mengambilkan sepatu dengan ukuran 39, lalu
karyawan tersebut masuk kedalam sebuah ruangan untuk mengambilkan sepatu
tersebut.
Kami menunggu sambil duduk di salah
satu kursi yang tersedia di sana, kami menunggu cukup lama karena memang pada
saat itu suasana disana cukup ramai. Sembari kami menunggu sepatu tersebut,
saya melihat seorang manager keluar
dari salah satu ruangan tempat karyawan yang mengambilsepatu tadi masuk. Manager tersebut menghampiri salah satu
karyawan perempuan yang sedang berada di meja kasir, manager tersebut berbincang dengan karyawan selama 1 menit dan
kemudian karyawan tersebut memanggil salah satu temannya untuk menjaga meja
kasir dan kemudian karyawan itu pergi mengikuti manager masuk kedalam ruangan, karena pada saat itu suasana ramai
dan banyak pengunjung yang mengantri di kasir.
Sekitar 20 menit karyawan tersebut berada
di dalam ruangan, dan kami pun telah mendapatkan barang belanjaan dan mengantri
di kasir untuk membayar. Tak lama saat kami berjalan menuju kasir karyawan
tersebut keluar dari dalam ruangan dan menuju ke arah kasir yang sama, karyawan
tersebutmenhampiri temannya dan kembali menjaga meja kasir sembari berbincang
dengan temannya yang membantu nya membungkus barang belanja, mereka terlihat
berbincang serius dan setelah kami membayar, kami pun keluar dari matahari pada
pukul 18.45 WIB.
ANALISIS
A. Komunikasi Internal
a) Komunikasi vertikal
komunikasi dari atas ke
bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari pimpinan kepada bawahan dan dari
bawahan kepada pimpinan. Dalam komunikasi vertikal, pimpinan memberikan
instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, informasi-informasi, dan lain-lain
kepada bawahannya. Sedangkan bawahan memberikan laporan-laporan, saran-saran,
pengaduan-pengaduan dan sebagainya kepada pimpinan. Dari narasi diatas dapat
dilihat adanya komunikasi vertikal dimana pada saat manager menhampiri salah satu karyawan dan berbincang menyampaikan
informasi pada karyawan tersebut.
b) Komunikasi Horizontal
komunikasi antara sesama
seperti dari karyawan kepada karyawan, manajer kepada manajer. Pesan dalam
komunikasi ini bisa mengalir di bagian yang sama di dalam organisasi atau
mengalir antarbagian. Komunikasi lateral ini memperlancar pertukaran
pengetahuan, pengalaman, metode, dan masalah. Dari narasi diatas terlihat bahwa
adanya komunikasi horizontal pada saat karyawan memanggil salah satu karyawan
lainnya untuk menggantikan posisinya untuk sementara.
B. Komunikasi Eksternal
a) Isi
Isi adalah apa yang
dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau
bahkan lebih. Dari narasi diatas dapat dilihat ketika seorang karyawan meminta
temannya untuk menggantikan posisinya di kasir.
b) Kebisingan
Kebisingan adalah tinggi
rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi. Dari narasi diatas
dapat diketahui bahwa suasana toko yang begitu ramai dapat menganggu proses
perbincangan.
c) Jaringan
Jaringan adalah sejauh
mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi.
Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit). Dari narasi
diatas terlihat seorang manager menghampiri seorang karyawan dan masuk kedalam ruangan,
disana tidak terlihat apakah seorang manager tersebut memanggil seorag karyawan
untuk menemui atasannya atau bukan.
d) Arah
Komunikasi terdiri
dari 2 macam arah yaitu :
1. komunikasi satu
arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu
orang atau lebih contohnya promosi produk tertentu atau guru dikelas.
2. Komunikasi 2 arah
adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang
atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk
menyampaikan beberapa informasi.
Dari narasi diatas dapatdilihat bawhwa
komunikasi yang digunakan adalah komunikasi 2 arah.
Sumber:
https://drhmynt67.wordpress.com/2015/10/01/definisi-dan-dimensi-dimensi-komunikasi/
https://novelaayu.wordpress.com/2015/10/02/komunikasi-dan-dimensi-komunikasi/
Sumber:
https://drhmynt67.wordpress.com/2015/10/01/definisi-dan-dimensi-dimensi-komunikasi/
https://novelaayu.wordpress.com/2015/10/02/komunikasi-dan-dimensi-komunikasi/
Komentar
Posting Komentar